Jenis-Jenis VSAT yang Digunakan secara Luas di Indonesia

      Comments Off on Jenis-Jenis VSAT yang Digunakan secara Luas di Indonesia

Jenis-Jenis VSAT yang Digunakan secara Luas di Indonesia

Pemanfaatan VSAT di Indonesia sudah sangat luas. Mulai dari perusahaan di bidang energi, perbankan, keuangan, sampai institusi pemerintah. Sedangkan penyedia komunikasi satelit-antena ini yang paling terkenal dari Lintasarta dan sudah teruji hingga beberapa dekade. Tahukah Anda ada berapa jenisnya? Berikut ini yang sudah populer di Indonesia.

Jenis Komunikasi Link

Jenis komunikasi ini berfungsi untuk menghubungkan dua buah stasiun bumi tanpa menggunakan stasiun pusat sebagai pengendali. Kerapkali disebut dengan SCPC atau Single Channel Per Carrier. Jasa komunikasi ini menyediakan kanal khusus yang dalam pelaksanaan komunikasinya sama sekali tidak mengganggu carrier lain.

Salah satu kelemahannya adalah terdapat delay atau tunda hubungan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, SCPC harus selalu dalam keadaan siap atau on. Cara kerjanya menggunakan metode pemberian frekuensi berbeda kepada stasiun bumi yang berfungsi sebagai penerima frekuensi tersebut.

Keuntungan menggunakan jenis komunikasi ini antara lain kemampuannya bisa diaplikasikan untuk sistem transmisi digital maupun analog. Lalu, tidak membutuhkan lagi kode transmisi khusus ketika menerima frekuensi tersebut. Termasuk juga tidak memerlukan sinkronisasi jaringan maupun waktu hanya untuk mengukur ketepatan frekuensi yang diterima.

Jenis Komunikasi Net

Berbeda dengan SCPC, jenis komunikasi ini digunakan untuk menghubungkan remote yang satu ke terminal lain dengan perantara dari stasiun bumi atau yang kerapkali dinamakan stasiun HUB. Adapun stasiun HUB itu sendiri juga berfungsi sebagai pengendali terhadap jalannya komunikasi yang terjadi di antara remote yang saling berhubungan.

Topologi yang digunakan adalah TDMA yang pertama kali sudah diterapkan sejak tahun 1985. Jaringannya bahkan mampu menjangkau ranah yang luas seperti Samudera Atlantik. Sejak itulah topologi TDMA digunakan secara luas hingga saat ini. Apa saja sih keunggulan dari jenis VSAT Net ini?

Jenis komunikasi Net ini memiliki cara kerja yang mudah dipahami. Mula-mula, sinyal transmit atau frekuensi pemancar memiliki kapasitas yang sama dengan stasiun bumi. Perbedaannya hanya ada pada waktu pengiriman saja. Jadi, meski alokasi time slot-nya beda-beda, tetap bisa menerima frekuensi dengan tepat dan akurat.

Sinyal carrier yang dibawa dari pemancar ke penerima langsung bisa ditentukan dalam beberapa waktu sebelum sampai ke amplifier pemancar. Jadi, begitu sampai, langsung bisa dioperasikan meskipun berdekatan dengan kawasan saturasi. Proses tersebut melibatkan pengaruh tekanan intermodulasi serta distorsi.

Jenis Komunikasi Frame Relay

Topologi yang digunakan untuk mengoperasikan komunikasi antara satelit dengan antena di bumi ini adalah point to multipoint. Sedangkan media aksesnya adalah Frame Relay. Cara kerjanya, host pelanggan akan terhubung ke HUB pusat menggunakan media akses Frame Relay. Setelah itu, HUB akan ditembakkan menuju satelit dan diteruskan ke remote.

Banyaknya remote yang menerima frekuensi tergantung kebutuhan Anda. Tentu disesuaikan dengan kapasitas yang disediakan oleh penyedia jaringan komunikasi antar satelit-antena. Untuk jenis komunikasi Frame Relay ini menggunakan DLCI yang berfungsi sebagai alamat pengirim sinyal yang berasal dari sinyal informasi menuju remote tujuan.

Jenis Komunikasi Teleport

Sebetulnya, secara prinsip, jenis komunikasi ini sama saja dengan jenis komunikasi Frame Relay. Perbedaannya cukup kecil. Untuk jenis komunikasi ini, cara kerjanya dengan mentransmisikan sinyal frekuensi menggunakan Teleport. Setelah itu, baru dikirimkan ke remote.

Di Lintasarta, terdapat IP VSAT dan SCPC yang bisa Anda manfaatkan untuk menjangkau ranah yang terpencil. Soalnya kalau menggunakan jaringan biasa, belum tentu bisa menjangkau area tersebut. Saat ini, Lintasarta sudah meluncurkan versi Nomadic yang bisa memastikan komunikasi data Anda tidak akan terputus oleh kondisi apa pun.